Lompat ke konten

Miris! Mahasiswa Baru UIN KHAS Jember Joget Lagu ‘Ojo Dibandingke’ Diduga di Masjid

Video viral, EDIT POSTING – Video tersebut memperlihatkan aksi sekelompok mahasiswa yang diduga dari Kiai Universitas Islam Negeri Haji Ahmad Siddique (WIN HAS) Jember menari dengan lagu “Ojo Dibandingke” yang diduga di dalam sebuah masjid.

Video tersebut langsung menuai kecaman dari netizen. Pasalnya, tindakan tersebut tidak boleh dilakukan di masjid yang merupakan tempat ibadah.

Video mahasiswa UIN KHAS Jember menari Ojo Dibandingke yang salah satunya diunggah dari akun Instagram mereka. @magelang_raya.

Viral video pelajar lari ke lagu Ojo Dibandingke yang diduga dibawakan di masjid. tulis akun di deskripsi unduhan.

Video tersebut menunjukkan beberapa mahasiswa dan mahasiswa di tempat yang diyakini sebagai masjid.

Mereka tampak asyik menari saat membawakan lagu Ojo Dibandingke yang kini viral setelah dinyanyikan Farel Prayoga di Istana Negara.

Namun, video tersebut menuai kritik dari netizen. Pasalnya, mereka konon menari di dalam masjid.

Warganet menyayangkan hal tersebut dan ramai dengan komentar kritis di setiap kolom komentar akun yang mengunggah video tersebut. Tonton videonya di sini.

Menanggapi video mahasiswa yang diduga menari di masjid, WIN HAS Jember pun memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resminya: @uinkhasjemberofficial.

Diketahui, aksi tari tersebut digelar saat acara Pengenalan Budaya Akademik dan Mahasiswa (ACC) bagi mahasiswa baru yang berlangsung pada 22-24 Agustus 2022.

“Menanggapi pendistribusian video tari di Masjid Masa Depan Gedung Sunan Kalijaga UIN HAS Jember perlu diklarifikasi, mengingat video yang dibagikan tidak sepenuhnya menggambarkan pelaksanaan BAC. Namun, hanya sebagian malaikat yang menunjukkan sebagian dari apa yang terjadi dalam proses PBAK,” jelas pihak kampus.

Acara tersebut diikuti oleh 3670 mahasiswa baru UIN HAS Jember. Karena banyaknya peserta yang mengikuti acara tersebut, maka acara dibagi menjadi lima lokasi.

Baca juga:   Lihat Suami Joget Bareng Biduan, Istri Ngamuk Nyuruh Turun Sambil Memukul Pakai Sandal

Dan video viral tersebut berada di gedung Masjid Sunan Kalijaga UIN HAS Jember yang masih dalam tahap pembangunan. Video siswa menari di dalam masjid direkam pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Berada di dalam gedung masjid, panitia berusaha mengisi waktu untuk acara yang berakhir sebelum pukul 16.00 WIB. Saat itu, panitia memberikan materi motivasi dan bimbingan agar kunjungan bisa dilanjutkan.

Saat itu, beberapa siswa meminta panitia untuk bernyanyi. Permintaan itu disetujui dengan syarat situasi tetap kondusif dan terkendali.

“Pada lagu pertama, situasinya masih kondusif (siswa duduk dengan sopan). Usai lagu pertama, para member pun ramai-ramai request lagu “Ojo Dibanding-bandingke”. Awalnya situasi masih kondusif, kemudian beberapa mahasiswa mulai maju untuk menari, dan hal ini mendorong beberapa lainnya untuk maju menari,” jelas peserta pesta kampus.

“Melihat situasi yang mulai tidak kondusif, KPU tidak tinggal diam dan langsung menghentikan musik dan menyuruh peserta duduk kembali,” lanjutnya.

Tim kemudian melengkapinya dengan motivasi, diantaranya membacakan surat Al-Fatiha kepada para pendiri WIN HAS Jember, orang tua dan guru yang berjasa dalam dunia pendidikan.

“Klarifikasi ini tidak dimaksudkan untuk membenarkan apa yang terjadi hari itu. Kami hanya menyampaikan kebenaran agar muncul persepsi yang seimbang/adil,” kata pihak kampus.

BACA JUGA: Sayang sekali! Ibu-ibu malah senam di pelataran masjid, penontonnya geram

Selain itu, mereka juga meminta maaf atas kejadian tersebut dan kejadian viral ini menjadi pelajaran bagi pihak kampus untuk lebih berhati-hati dan lebih memperhatikan peraturan yang berlaku.