Lompat ke konten

Momen Haru Ayah Mendiang Brigadir J Gantikan Anaknya Hadiri Wisuda, Banjir Air Mata

Jejaring sosial, BUAT POSTINGAN – Momen mengharukan terjadi saat ayah Brigjen Nofriansiya Yosua Khutabarata atau Brigadir J menyerahkan wisuda anaknya di Universitas Terbuka Pamulang, Tangerang Selatan pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Samuel Khutabarat, ayah dari Brigjen J., tak henti-hentinya menangis saat dipanggil untuk menyerahkan ijazah mendiang putranya.

Brigjen J lulus dengan predikat sangat memuaskan. Beliau memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Terbuka (UT) dengan IPK 3,28.

Brigjen J diumumkan lulus dari Program Studi Ilmu Hukum FHISIP, UPBJJ-UT Jambi, terdaftar sejak tahun 2015.

Sementara itu, video momen kehadiran Samuel Khutabarat mewakili Brigadir J pada acara wisuda yang digelar di UT banyak diunggah oleh akun media sosial.

Video itu memperlihatkan Samuel menangis saat dia berjalan ke podium untuk menerima ijazah putranya.

“Pemberian ijazah dan ucapan selamat oleh rektor dan dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kepada orang tua Brigjen Nofriansyah Yosua Khutabarat. NIM 020712441, mahasiswa program studi Fiqih Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,” ujar presenter.

Terbukti Rektor UT menyerahkan Ijazah kepada Samuel Khutabarat. Ayah Brigadir J tidak bisa berhenti menangis.

Ia terlihat menyeka air mata sebelum mengambil ijazah anaknya. Air matanya terus mengalir bahkan saat sesi foto bersama rektor dan dekan fakultas.

@destamrr

Betapa sakitnya tuhanku #brigadir #brigadirjosua #brigadierzhosuahutabarat #wisuda SMA

♬ Untukmu aku bertahan – Afghanistan

Kutipan dari detik.com, Samuel Khutabarat juga mengungkapkan rasa cintanya kepada polisi. Hal itu terungkap saat menggantikan Almarhum Brigjen J setelah lulus.

“Saya sangat mencintai polisi karena karena kecintaannya pada polisi, mendiang anak saya lulus tanpa uang,” kata Samuel kepada wartawan di Universitas Terbuka (UT).

Sebagai bukti, lanjut Samuel, bukan hanya Brigjen J yang menjadi polisi. Adik Brigadir J juga mengikuti jejak kakaknya menjadi polisi dan kini bertugas di Polda Jambi.

Baca juga:   Berurai Air Mata, Nabila Ishma Terekam Berbicara ke Peti Jenazah Eril

Selain itu, Samuel mengatakan Brigjen J melanjutkan studinya karena ingin mengikuti seleksi anggota polisi. Diberitakan pula, Brigadir Jenderal J menerima penghargaan dari mantan Kapolri Jenderal (Purn) Idhan Azis pada tahun 2020.

Tak hanya itu, Samuel mengatakan Brigjen J juga berencana melanjutkan studi ke jenjang magister. Sebagai orang tua, Samuel turut mendukung cita-cita anaknya saat itu.

Brigjen J tidak hanya akan menjadi perwira, tetapi juga berencana menikahi pacarnya Vera Simanjuntak tahun depan.

Brigjen J diketahui tewas setelah ditembak di rumah atasannya, Irjen Ferdy Sambo, pada 8 Juli 2022.

BACA JUGA: Inilah hasil otopsi ulang Brigadir J, sebagaimana diumumkan tim forensik.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan lima tersangka, yakni Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Chandravati, Bharad E., Bripka R.R. dan Marouf Kuat. Namun, hingga kini, motif pembunuhan yang disengaja terhadap Brigadir Jenderal J.