Lompat ke konten

Siaran Trans TV Digital Hilang? Begini Solusinya!

Siaran Trans TV Digital Hilang? Begini Solusinya!

Hilangnya siaran digital Trans TV – Peralihan dari TV Analog ke Digital dimulai pada tahun 2021, namun saat itu masih bertahap. Kemudian, pada 2 November 2022, pemerintah resmi memperkenalkan ASO (analog off) untuk seluruh warga negara Indonesia.

Dengan demikian, siaran TV analog saat ini dinonaktifkan total, dan semua orang hanya dapat menikmati siaran TV digital. Sedangkan pada masa peralihan ke televisi digital, banyak orang yang mengaku tidak bisa menemukan saluran Trans.

Mengapa tidak ada siaran Trans TV Digital? Mungkin ada di antara Anda yang kehilangan siaran TV setelah beralih ke TV Digital. Jika memang demikian, silahkan baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui penjelasan mengapa channel digital Trans TV tidak ditampilkan.

Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab hilangnya saluran digital Trans TV. Di bawah ini kami telah menyiapkan informasi lengkap tentang penyebab dan cara mengatasi masalah ini.

Hilangnya siaran digital Trans TV

Hilangnya siaran digital Trans TV

Selain saluran grup MNC yang meliputi RCTI, MNC TV, iNews dan GTV, saluran Transmedia yaitu Trans TV dan Trans 7 juga menjadi saluran favorit masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ketika trans TV menghilang, banyak orang yang mencari jalan keluar.

Seperti yang Anda ketahui, peralihan dari TV analog ke digital memiliki beberapa pro dan kontra. Bagi kalangan menengah ke atas mungkin banyak yang tidak mempermasalahkan kebijakan ini, karena mereka bisa dengan mudah membeli perangkat STB atau bahkan membeli TV Digital baru.

Namun di sisi lain, bagi masyarakat kurang mampu, banyak yang terpaksa berhenti menikmati siaran televisi karena tidak mampu membeli perangkat STB, apalagi televisi digital. Kemudian, untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah memberikan STB gratis kepada masyarakat berpenghasilan rendah agar tetap dapat menikmati TV digital tanpa terkendala biaya.

Baca juga:   √ Arti CS di Telegram! Ternyata Ini Maksud & Manfaatnya

Di atas itu semua, ada juga masalah yang sering muncul pasca peralihan ini, yaitu hilangnya beberapa saluran seperti RCTI, MNC dan Trans TV Digital. Seperti yang dijanjikan di atas, dalam pembahasan kali ini tim Gadgetized.net akan menjelaskan secara khusus masalah minimnya siaran Trans TV Digital.

Oke tidak perlu berlama-lama lagi, berikut kami siapkan informasi lengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi ketiadaan siaran Digital Trans TV :

1. Frekuensi televisi trans digital tidak sesuai lokasi

Alasan pertama mungkin frekuensi Trans Digital Digital yang digunakan untuk mencari saluran tidak sesuai dengan frekuensi yang berlaku di wilayah Anda. Sama seperti saat mencari ANTV, RCTI, dll yang bisa menggunakan frekuensi.

Sementara frekuensi TV digital tiap daerah berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagai solusinya, Anda perlu mencari frekuensi trans-TV digital untuk wilayah Anda. Kemudian lakukan pencarian manual berdasarkan kode frekuensi. Setelah itu, saluran digital Trans TV akan muncul.

2. Arah antena TV kurang tepat

Kemudian masalah skip siaran Digital Trans TV juga bisa disebabkan oleh posisi antena yang menghadap ke arah yang salah. Perlu diketahui bahwa posisi antena merupakan salah satu faktor penentu saat menangkap transmisi televisi digital.

Sehingga, jika posisinya tidak tepat, beberapa transmisi TV digital bisa hilang, termasuk transmisi Digital Trans TV. Kemudian, untuk mengatasinya, Anda dapat melihat posisi Antena di sekitar Anda, mencocokkan posisi Antena di rumah dengan posisinya sehingga Anda dapat menangkap siaran DTV yang lebih lengkap, dan juga mengatasi siaran Digital Trance TV yang hilang.

3. Sinyal Trans Digital TV lemah

Selain dua alasan di atas, masalah ketiadaan saluran Trans TV digital juga bisa disebabkan oleh lemahnya sinyal televisi digital. Faktor ini mungkin terkait dengan kualitas dekoder yang digunakan, lokasi, atau cuaca buruk.

Baca juga:   3 Cara Membuat Akun Google Meet : Meeting Virtual 2022

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi lemahnya sinyal televisi digital sehingga tidak dapat menerima transmisi Digital Trans TV adalah dengan mengganti STB yang digunakan. Anda dapat membeli STB baru yang kualitasnya lebih baik.

Selain itu lemahnya sinyal TV digital disebabkan oleh faktor cuaca, tidak ada jalan keluar selain menunggu kondisi cuaca kembali normal. Dengan demikian, kinerja STB dan antena dapat lebih optimal saat menangkap sinyal televisi digital.

Namun jika sinyal lemah karena berada di daerah terpencil, Anda dapat menggunakan frekuensi Trans TV yang terdekat dengan Anda. Cara ini cukup efektif untuk menemukan siaran Digital Trans TV yang hilang.

4. Kabel Jack STB ke antena kendur

Sedangkan alasan yang terakhir mungkin karena kabel STB yang kendor atau terputus yang terhubung ke antena. Dengan demikian kinerja STB dan Antena dalam menangkap sinyal digital dipastikan akan mengalami gangguan yang mengakibatkan hilangnya beberapa saluran, termasuk siaran Digital Trans TV.

Silakan periksa kabelnya, sambungkan dengan benar jika Anda menemukan kabelnya longgar. Setelah itu coba cari channel digital Trans TV menggunakan metode pencarian otomatis atau metode pencarian manual menggunakan frekuensi yang sesuai.

KESIMPULAN

Demikian penjelasan Gadgetized.net tentang masalah siaran digital Trans TV yang tidak ada. Dengan demikian, masalah ini dapat terjadi karena sinyal, cuaca, lokasi, dan yang terpenting, penggunaan frekuensi Digital Trans TV yang tidak sesuai dengan wilayah Anda.

Di atas, kami juga telah menjelaskan secara lengkap beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat mengalami masalah serupa di siaran TV digital lainnya seperti RCTI, MNC TV, Trans 7 dan lain sebagainya.

Baca juga:   Pulsa XL Tidak Masuk ? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya!

sumber gambar:

  • Saluran Tamtam Boys di Youtube
  • Kumparan.com