Lompat ke konten

Resmi Diumumkan, Inilah Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 9

GANTI EMAIL – Setelah berbagai rumor dan bocoran yang mendahuluinya, akhirnya harga dan spesifikasi Asus Zenfone 9 terungkap secara resmi. Ponsel ini hampir tidak bisa dibedakan dari Zenfone 8, juga memiliki bodi yang ringkas dan menawarkan spesifikasi yang sangat bagus.

Ponsel Android yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing serius iPhone 13 mini ini memiliki ukuran 146,6 x 68,2 x 9,5 mm dan bobot sekitar 165 gram. Tersedia empat pilihan warna: Midnight Black, Starry Blue, Sunset Red dan Moonlight White.

Di bagian depan, Zenfone 9 menampilkan layar Super AMOLED 5,9 inci yang mendukung resolusi FHD+, refresh rate 120Hz dan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Layarnya memiliki lubang di sudut kiri atas sebagai wadah kamera 12MP untuk menemani pengguna mengabadikan momen selfie berharga atau melakukan panggilan video.

Sedangkan bagian belakang berisi dua lensa agak besar yang disusun secara vertikal. Sementara, kedua lensa tersebut terdiri dari kamera utama 50MP yang menggunakan sensor Sony IMX766 dan dilengkapi dengan 6-axis hybrid gimbal stabilizer.

Kamera 50 megapiksel dilengkapi dengan sensor sudut ultra lebar 12 megapiksel dengan bidang pandang hingga 113°. Nah, kamera belakang Zenfone 9 dikatakan mampu merekam video hingga resolusi 8K, sedangkan kamera depan mendukung perekaman video 4K.

Menariknya, meski berbodi mungil, ponsel ini menggunakan chipset ultra cepat yang banyak digunakan di ponsel flagship masa kini, yakni Snapdragon 8+ Gen 1.

Chipset Snapdragon 8+ Gen 1 pada Asus Zenfone 9 dipasangkan dengan RAM LPDDR5 hingga 16GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB.

Dari segi daya, Zenfone 9 mengemas baterai 4300mAh yang mendukung HyperCharge 30W. Dengan fitur ini, baterai Zenfone 9 dapat diisi hingga 50% dalam waktu kurang dari 30 menit.

Baca juga:   Cara Backup Data HP Android untuk Jaga-Jaga Data Hilang

Fitur keren lainnya yang diperkenalkan Asus pada penerus Zenfone 8 adalah tombol ZenTouch yang diletakkan di bagian samping perangkat sehingga pengguna dapat dengan mudah mengontrol Zenfone 9 dengan satu tangan.

Selain fungsi membuka kunci layar, tombol ini juga dapat digunakan untuk memeriksa notifikasi, memuat ulang halaman web, menavigasi ke bagian bawah atau atas halaman, dan mengontrol media dengan sapuan ibu jari.

HP Asus Zenfone 9 juga bersertifikat IP68, sehingga tahan terhadap air dan debu. Ponsel ini sendiri sudah menjalankan sistem operasi Android 12 yang dipoles dengan antarmuka ZenUI.

Sebagai tambahan, Zenfone 9 memiliki slot dual SIM (nano), jaringan 5G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, Bluetooth 5.2, GPS, NFC, jack audio 3.5mm dan USB Type -C. Pelabuhan.

Lantas berapa harga Asus Zenfone 9? Ponsel ini akan dijual di Eropa mulai dari 799 euro atau sekitar Rp 12 jutaan. Harganya sedikit lebih murah dari iPhone 13 mini.

BACA JUGA: Perbedaan Spesifikasi Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro

Kabar baiknya, Asus Zenfone 9 juga sudah dikapalkan ke Indonesia. Namun sayangnya, Asus belum membeberkan kapan tanggal peluncurannya.