Lompat ke konten

20 Syarat Perpanjang SIM Online Beserta Caranya 2022

20 Syarat Perpanjang SIM Online Beserta Caranya 2022

Berbicara tentang SIM atau Surat Izin Mengemudi, di sini gadgetized.net akan memberikan informasi tentang cara dan cara memperbarui kartu SIM Anda secara online. Nah, bagi yang belum mengetahuinya, sekaranglah saatnya untuk mengetahuinya. Namun, sebelum masuk ke inti pembahasan kita kali ini, ada baiknya simak ulasan berikut ini.

Sebagai aturan, kartu SIM memiliki masa berlaku, jadi sangat penting untuk memperbarui kartu SIM jika kartu SIM itu sendiri telah kedaluwarsa. Sesuai dengan SK Kapolri no. 9 Tahun 2012, pasal 11 tentang Surat Izin Mengemudi atau Kartu SIM, Kartu SIM yang diterbitkan oleh SATPAS ini memiliki masa berlaku 5 tahun.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap pengemudi kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, yang berusia di atas 17 tahun wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Kartu SIM dikeluarkan secara resmi oleh Satuan Tugas Tata Usaha Negara (Satpas) dan Polri untuk kartu SIM internasional. Kartu SIM sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu kartu SIM umum dan kartu SIM individu.

Perpanjangan kartu SIM harus dilakukan sebelum tanggal kedaluwarsa, yaitu 5 tahun sejak tanggal penerbitan kartu SIM. Jika pengemudi terlambat memperbarui kartu SIM, maka aplikasi untuk kartu SIM harus diterapkan, yang serupa dengan mengajukan kartu SIM baru. Nah, adapun cara dan syarat perpanjangan SIM Card online, sebagai berikut.

Seperti ketentuan untuk memperbarui kartu SIM secara online

Ketentuan untuk memperbarui kartu SIM secara online

Ketentuan untuk memperbarui kartu SIM secara online 1

Kartu SIM diperbarui sebelum tanggal kedaluwarsa kartu SIM. Untuk memilih waktu dan tanggal, Anda dapat memperpanjang masa berlaku kartu SIM sehingga tanggal yang dipilih tidak melebihi tanggal kedaluwarsa kartu SIM. Jika kartu SIM diperpanjang setelah tanggal kedaluwarsa, maka perlu menerbitkan kartu SIM baru, serta menyerahkannya ke kartu SIM baru sesuai dengan kelas kepemilikan, mengikuti persyaratan Aplikasi. Oleh karena itu, memperbarui kartu SIM harus dilakukan sebelum tanggal kedaluwarsa kartu SIM. Persyaratan untuk memperbarui kartu SIM adalah sebagai berikut.

Baca juga:   7 Cara Menonaktifkan NSP Tri (3) Selamanya Lewat Kode & SMS

Istilah umum

Istilah umum

  1. Isi formulir aplikasi perpanjangan kartu SIM.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku bagi warga negara Indonesia atau
  3. Dokumen keimigrasian untuk warga negara asing.
  4. Kartu SIM lama yang masih berlaku dan akan diperpanjang.
  5. Sertifikat tes keterampilan simulator.
  6. Surat kesehatan dari dokter.
  7. Biaya PNBP untuk perpanjangan SIM.

Persyaratan Usia

Persyaratan Usia

  1. 17 tahun untuk SIM A, SIM C dan SIM D.
  2. 20 tahun untuk SIM B I.
  3. 21 tahun untuk SIM B II.
  4. 20 tahun untuk SIM A Umum.
  5. 22 tahun untuk SIM BI Umum.
  6. 23 tahun untuk SIM B II Umum.

persyaratan kesehatan

persyaratan kesehatan

Persyaratan kesehatan terdiri dari persyaratan kesehatan fisik dan mental. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

Persyaratan kesehatan fisik
  1. Penglihatan.
  2. Pendengaran.
  3. Pertumbuhan atau fisik
Persyaratan Kesehatan Rohani
  1. Kemampuan untuk berkonsentrasi.
  2. Ketepatan.
  3. Kontrol diri.
  4. Adaptasi diri.
  5. stabilitas emosional.
  6. resistensi kerja.

Cara memperbarui kartu SIM Anda secara online

Cara memperbarui kartu SIM Anda secara online

Setelah memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat segera memperbarui kartu SIM secara online melalui website Korlantas Polri. Perlu Anda ketahui bahwa perpanjangan dilakukan sesuai dengan kelas kartu SIM yang Anda pilih saat pertama kali mengajukan permohonan kartu SIM. Metodenya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, kunjungi website resmi Korlantas Porli di http://sim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/.
  2. Kemudian pilih menu Registrasi SIM Online.
  3. Di menu Informasi Pendaftaran, klik Mulai.
  4. Kemudian Anda akan dibawa ke menu “Data Aplikasi”, pilih ekstensi kartu SIM di opsi “Jenis Aplikasi”.
  5. Kemudian pilih kelas SIM sesuai dengan kartu SIM Anda yang akan diperpanjang.
  6. Jika ya, harap berikan nomor SIM, tanggal kedaluwarsa SIM, penerbit/asal Satpa, alamat email, polisi kedatangan, alamat Satpa kedatangan, dan alamat Satpa kedatangan. Jika Anda mengklik Berikutnya.
  7. Selanjutnya silahkan isi data diri anda mulai dari kewarganegaraan, NIK, nama lengkap, tinggi badan, golongan darah, kode pos, kota, alamat, nomor handphone, pendidikan dan pekerjaan. Jika semuanya sudah lengkap, silahkan klik centang.
  8. Langkah selanjutnya, silakan lengkapi informasi darurat jika Anda mengklik “Lanjutkan”.
  9. Halaman selanjutnya akan menampilkan konfirmasi data yang dimasukkan. Pastikan semua detail sudah benar, lalu pilih tanggal kedatangan yang Anda inginkan dan klik Kirim.
  10. Setelah mengirimkan data, akan muncul tampilan konfirmasi bahwa pendaftaran online berhasil, dan Anda akan menerima konfirmasi pendaftaran online yang dikirim melalui email.
Baca juga:   4 Cara Melihat Akun Tiktok yang di Private Tanpa Follow

Biaya PNBP untuk perpanjangan SIM

Biaya PNBP untuk perpanjangan SIM

Perlu Anda ketahui bahwa ada biaya administrasi untuk perpanjangan kartu SIM Anda. Biaya administrasi perpanjangan SIM disesuaikan berdasarkan kelas kartu SIM. Anda dapat membayar biaya administrasi perpanjangan SIM melalui ATM, EDC atau teller bank BRI. Untuk metode pembayaran lainnya, Anda dapat melakukannya di loket pembayaran yang berlogo Onpays (Pembayaran Online). Biaya administrasi perpanjangan SIM adalah sebagai berikut.

  • SIM A dan A Umum Rp. 80.000
  • SIM B1 dan B1 Umum Rp. 80.000
  • SIM B2 dan Umum B2 Rp. 80.000
  • SIM C Rp. 75 000
  • SIM D Rp. 30.000

Untuk layanan SIM Card online, Anda akan dikenakan biaya administrasi yang berbeda dengan PNBP yaitu Rp. 5000

Biaya administrasi tersebut di atas telah ditetapkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP yang berlaku bagi seluruh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Waktu perpanjangan kartu SIM online

Waktu perpanjangan kartu SIM online

Menurut Korlantas Porly, masa perpanjangan SIM antara 14 hari sebelum SIM habis masa berlakunya hingga 3 bulan setelah SIM habis masa berlakunya. Jika 3 bulan telah berlalu sejak masa berlaku kartu SIM, maka Anda perlu membuat kartu SIM baru dengan prosedur pembuatan kartu SIM baru.

Manfaat mendaftarkan kartu SIM secara online

Manfaat mendaftarkan kartu SIM secara online

Registrasi Online adalah website resmi Korlantas Polri dan digunakan untuk mendaftar penerbitan SIM baru atau SIM atau perpanjangan SIM. Kelas SIM yang hanya bisa didaftarkan melalui registrasi online hanya untuk SIM A dan SIM-C. Dengan menggunakan pendaftaran online, kita akan mendapatkan banyak keuntungan yang akan memudahkan kita untuk memperbarui kartu SIM. Keuntungan yang kita dapatkan saat melakukan perpanjangan SIM Card secara online adalah sebagai berikut.

  • Anda dapat mendaftar kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan media yang terhubung dengan internet.
  • Tidak perlu mengantre selama perpanjangan.
  • Anda bebas memilih tanggal kedatangan sesuai keinginan Anda.
  • Lebih cepat dan lebih akurat.
  • Mudah dan tidak rumit.
Baca juga:   20 Cara Cek Kuota AXIS Terbaru 2022 : Mudah & Cepat

KESIMPULAN


Perpanjangan SIM harus dilakukan 14 hari sebelum masa berlaku kartu SIM habis, yang akan memudahkan kami dalam proses perpanjangan sehingga persyaratan yang diperlukan tidak terlalu rumit seperti persyaratan pengajuan SIM baru. Nah, karena dilakukan secara online, maka kamu harus memastikan koneksi internet benar-benar lancar agar proses perpanjangan SIM online bisa berjalan dengan lancar. Jika koneksi internet Anda lambat, Anda perlu membeli paket internet Telkomsel baru. Demikian informasi mengenai syarat perpanjangan kartu SIM online, serta cara dan ketentuan yang dapat disesuaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua, terima kasih telah membaca artikel ini.