Lompat ke konten

Viral Bayi 11 Bulan Idap Bronkitis Diduga Gara-gara Sang Ayah Perokok

Video viral, EDIT POSTING – Kisah seorang bayi berusia 11 bulan yang menderita bronkitis karena paparan rokok keluarganya membuat netizen kesal. Diketahui ayah bayi adalah perokok aktif.

Kisah tersebut menjadi viral setelah dibagikan oleh akun TikTok. @telormcd siapa ibu dari anak tersebut.

Ibu anak tersebut juga mengingatkan para suami yang merupakan perokok aktif untuk mewaspadai bahaya asap rokok.

“Alarm! Untuk suami yang merokok tulisnya dalam video.

“Kalau sudah punya anak, mari kita menyingkir sejenak untuk berhenti merokok daripada tidak bisa menggendong anak ️”, – tulis ibu di kolom caption.

Dalam publikasi tersebut, ia membagikan beberapa momen saat sang anak dirawat di rumah sakit karena bronkitis.

Anak itu tampaknya terus-menerus rewel, dan sang ayah memakainya di lengannya yang membesar.

Sang ibu pun menjelaskan gejala awal yang dialami sang anak sebelum akhirnya didiagnosis bronkitis dan perlu dikukus dua kali sehari.

“Awalnya anak saya demam, batuk dan pilek. Saat saya periksa, ternyata anak saya terkena bronkitis,” dia menjelaskan.

Setelah didiagnosis menderita bronkitis, anak tersebut harus menjalani pengobatan. Dimulai dengan uap, 2 kali sehari, obat tetes hidung, antibiotik dan obat batuk dan pilek lainnya diberikan.

“Dan sekarang pengobatannya harus dikukus dua kali sehari, berikan obat tetes hidung, antibiotik dan obat-obatan untuk bapil (pilek dan batuk lainnya,” — Dia menulis.

“Untuk memungkinkan keluarnya sekret dan lendir dari muntahan, kotoran atau hidung agar lebih mudah bernafas” dia melanjutkan.

@telormcd

Jika sudah punya anak, mari kita menyingkir sejenak untuk berhenti merokok daripada tidak bisa menggendong anak ️

♬ suara asli – Samantha Benwick – Sam Benwick

Di akun video selanjutnya @telormcd sekali lagi dijelaskan apa hubungannya dengan gejala awal yang dialami anak.

Baca juga:   6 Aplikasi Live Broadcast Anti Banned dan Kekinian di Android

“Awalnya batuk-batuk, sampai tertidur tiba-tiba batuk-batuk keras, bangun dan muntah-muntah. Kemudian ia mengalami demam dan pilek, napasnya juga menjadi “ngok” di malam hari, dia menjelaskan.

“Akhirnya, kami ingin pergi ke ruang gawat darurat di rumah sakit dekat rumah kami. Hari itu hanya berputar-putar, dia melanjutkan.

Dan keesokan harinya, ketika ibu dan suami sedang bekerja, nenek bayi itu mengatakan bahwa dia sangat rewel dan panas.

“Pikiran saya berkata, wah, kenapa begitu. Akhirnya, ibu saya membawa saya ke ruang gawat darurat. Suhunya sudah 40,2 dan tubuhnya gemetar hebat sebelum saya sampai di rumah sakit.” kata ibu anak itu.

“Hasil lab dan PCR bagus. Setelah dokter mengunjungi dan memeriksa, ternyata anak saya menderita bronkitis.” katanya lagi.

Setelah mengetahui bahwa anak itu menderita bronkitis, dia dan suaminya lebih merawatnya.

Kisah bayi berusia 11 bulan yang menderita bronkitis pun langsung dibanjiri berbagai komentar dari netizen. Beberapa dari mereka berbagi pengalaman serupa.

wilzafams, “bahkan dalam rumah tangga yang merokok di rumah, anak saya masih menderita bronkitis dan sudah berobat 3 kali”

Zendaya hehe: “Saya berkencan dengannya untuk berhenti. alhamdulillah dia mau. Selama ini saya punya 1 anak yang tidak pernah merokok lagi.”

Amalia Artamevia : “sehatlah kakek, keponakanku dulu merokok, dan sekarang dia meninggal, baru 7 hari berlalu…”

BACA JUGA: Tragis! Bayi 6 bulan meninggal setelah diajak orang tuanya naik motor dari Tegal ke Surabaya untuk nonton bola

Fee405, “Ya Tuhan, saya ingat anak saya sekarang berusia 10 bulan, sejak dia berusia 2 bulan, dia hamil, setiap bulan dia pergi ke start-up ketika dia kembali ketika dia tidak punya uang.”