Lompat ke konten

Viral Konvoi Moge Dikawal Polisi Masuk Tol Pekanbaru Bikin Heboh, Kok Bisa?

Jejaring sosial, BUAT POSTINGAN – Beredar foto konvoi motor Harley Davidson memasuki Tol Pekanbaru-Bankinan pada Sabtu, 2 Juli 2022.

Konvoi pengendara motor tersebut dikawal Rombongan Patroli Jalan Tol Polda Riau Ditlantas berdasarkan faktor keamanan rombongan.

Padahal sebelumnya polisi meminta warga yang melintas di sepanjang jalan dengan sepeda motor untuk berbalik arah.

Sontak menjadi perbincangan publik, dan foto iring-iringan motor melintasi jalan raya menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh banyak akun.

Sebab, jalan tol tidak didesain untuk kendaraan roda dua. Diketahui juga jalan tol yang dilalui oleh grup MOGE tersebut belum resmi beroperasi.

Direktur Lalu Lintas Polda Riau Kombes Firman Darmansia mengklarifikasi konvoi sepeda motor yang masuk tol Pekanbaru yang menjadi perbincangan publik.

Firman mengatakan, rombongan pengendara sepeda motor yang melintas di jalan tol itu ingin menghadiri acara di Provinsi Sumbar, bukan membuat huru-hara atau sekadar pamer.

Diketahui, acara tersebut akan berlangsung mulai Kamis, 30 Juni hingga Minggu, 3 Juli 2022.

“Mereka mengikuti acara undangan sumatera bike week di sumatera barat, event nasional, jadi tidak mau main-main atau tampil gaya,” kata Combes Firman, dikutip dari iNews.id.

Soal kenapa motor bisa masuk tol Pekanbaru-Bangkinang, Firma mengatakan tidak masalah karena belum buka.

Jika sudah buka dan angkutan umum masuk, maka sepeda motor tidak diperbolehkan di jalan tol.

“Sama seperti jalan tol, pikir-pikir sebelum dibuka masih bisa digunakan untuk sepeda motor alternatif bahkan sepeda balap masih diperbolehkan kecuali jalan tol sudah dibuka dan angkutan umum sudah masuk, maka sepeda motor dan sepeda balap dilarang.” . keluar di jalan tol diperbolehkan,” jelasnya.

BACA JUGA: Kasus Moge Tabrakan Kembar di Pangandaran Berakhir Damai, Polisi: Sidang Dilanjutkan

Baca juga:   Samsung Galaxy Tab Active4 Pro Diumumkan, Tablet Tangguh Untuk Pekerja Lapangan

Kalau mendapat izin dari pengelola jalan tol, tentu saja sepeda motor bisa lewat, kata Firman. Pasalnya, tol yang dilintasi MOGE itu belum resmi beroperasi dan masih kosong.

Tol Pekanbaru-Bangkinang masih dalam pengerjaan oleh PT Hutama Karya selaku kontraktor pelaksana.