Lompat ke konten

Viral Pemuda Asal Cirebon Dituduh Sebagai Sosok Hacker Bjorka, Faktanya?

Media sosial, RANCAH POST – Seorang pemuda asal Desa Clayan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dituding sebagai peretas Björk yang baru-baru ini mengejutkan masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui, peretas Bjorka meretas sejumlah lembaga pemerintah. Namun masih belum diketahui siapa sebenarnya di balik peretas Björky.

Tudingan yang mengaitkan pemuda Cirebon sebagai peretas Björka berawal dari unggahan akun Instagram. @volt_anonim. Tapi sekarang akun itu sudah hilang.

Unggahannya menyebutkan identitas asli Bjorka adalah M Said Fikriansyah (17). Data pribadi pemuda itu juga diunggah ke akun tersebut.

Dalam kesempatan itu, Said langsung kaget dan malu. Karena tuduhan itu tidak benar.

Said mengklaim bahwa dia bukan peretas Björk, dan dia juga mengakui bahwa dia bukan ahli dalam peretasan.

“Halo semuanya, jadi untuk kalian semua yang menyalahkan saya karena Björk, saya bukan Björk. Karena kegiatan editing saya sendiri tidak ada kaitannya dengan hacker,” kata Saeed kepada wartawan, dikutip dari video yang diunggah akun tersebut. @shortnewsid.

Dia kemudian menekankan lagi bahwa dia tidak mengerti cara meretas sebuah situs, apalagi situs pemerintah yang penting.

“Dan saya tidak pernah memiliki hack,” katanya.

Menurut Said, dia sudah memberi tahu Polres Cirebon soal tudingan itu.

Selain itu, M. Said Fikriansyah juga memberikan klarifikasi terkait tuduhan dalam video yang dibuatnya.

“Saya, Muhammad Said Fikriansyah, ingin mengklarifikasi tudingan yang dilakukan IG Volt Anonymous. Saya dituduh sebagai Björk. Dia berbicara tentang data yang saya bagikan di Forum Breached. Dan dia mengklaim bahwa datanya cocok dengan Björka,” kata Said.

Said melaporkan bahwa datanya sama seperti pada forum razia sebelumnya. Dan ini adalah data perkiraan, dan tidak mempengaruhi Björk sama sekali.

Baca juga:   Panik! Motor Wanita ini Nyangkut di Rel Kereta, Pengendara Lain Malah Cuek

“Jika data tersebut benar-benar merugikan Anda, saya mohon maaf. Faktanya saya bukan Björk, seperti yang mereka katakan di akun IG Volty Anonymous,” pungkasnya.

BACA JUGA: Akun Mengejutkan: Dugaan peretas Björk mengungkapkan identitasnya di TikTok, mengaku sebagai orang Indonesia

Pemuda asal Cirebon yang dituding sebagai hacker Björk itu pun langsung kaget. Apalagi setelah tersiar kabar, banyak orang yang menghubunginya. Bahkan akun Instagramnya dipenuhi dengan kata-kata makian dan berbagai tuduhan.