Lompat ke konten

√ WhatsApp Tidak Bisa Memutar Video & 20 Cara Mengatasi

6 Cara Transfer Pulsa 3 Mudah & Cepat Terbaru 2022

Whatsapp tidak bisa memutar video Sebagai pengguna WhatsApp, Anda pasti sering menerima pesan berupa gambar atau video. Agar dapat melihat gambar atau memutar video yang dihasilkan, tentunya Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Berbicara tentang memutar file video yang diterima melalui WhatsApp, tahukah Anda bahwa beberapa pengguna tidak dapat memutar video saat menerima file atau memutar video di cerita WhatsApp. Jika ya, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Tenang, di artikel berikut ini sudah kami siapkan detail lengkap penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa memutar video. Jadi pastikan Anda membaca dan memahami artikel ini sampai akhir.

Selain itu, WhatsApp juga memiliki ketentuan tersendiri dalam penerapan fitur ini. Jika ada yang melanggar ketentuan tersebut, bisa jadi video tersebut tidak bisa diputar di WA. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Whatsapp tidak bisa memutar video

Whatsapp tidak bisa memutar video

Setiap pengguna WhatsApp pasti pernah mengalami masalah saat menggunakan aplikasi chat, salah satunya tidak bisa memutar video. Ya, masalah seperti ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada pengguna WhatsApp, tetapi ada juga masalah tidak dapat memutar video di Telegram, LINE, atau aplikasi obrolan lainnya.

Khusus untuk pengguna WhatsApp tentunya merasa kesal ketika tidak bisa memutar video yang diterima melalui chat atau video yang terdapat di Story WA. Biasanya, ketika ini terjadi, Anda mungkin mengira itu karena koneksi internet terputus.

Namun setelah dicek, ternyata semuanya baik-baik saja dengan koneksi internet dan Anda dapat memutar video di Youtube, Instagram atau melakukan aktivitas lain di Internet tanpa masalah. Jika iya, kenapa video di WA tidak bisa diputar?

Baca juga:   20 Cara Membuat Email di HP Android & IOS 2022

Alasan WA gagal memutar video

Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab file video WhatsApp atau video Story tidak bisa diputar. Di bawah ini kami rangkum beberapa alasan kenapa WhatsApp tidak bisa memutar video yang berlaku untuk semua merk HP seperti Xiaomi, Oppo, VIVO, Samsung dan bisa terjadi dengan aplikasi atau WhatsApp Web:

1. Aplikasi Whatsapp belum diupdate

Pertama, masalah di atas mungkin disebabkan oleh fakta bahwa aplikasi WhatsApp di ponsel cerdas Anda belum diperbarui. Jadi biasanya ada beberapa bug seperti WA sering keluar dengan sendirinya, tidak bisa update Story sampai berhenti memutar video yang diterima atau muncul di Story WA.

2. Kuota internet habis / koneksi dinonaktifkan

Kedua, masalah ini juga bisa terjadi ketika koneksi Internet di smartphone bermasalah, entah itu kuota, Wi-Fi yang dinonaktifkan, atau hal lain yang membuat smartphone Anda tidak dapat mengakses Internet. Catatan, khusus untuk pengguna data seluler, terkadang penggunaan kuota dibagi menjadi beberapa pilihan seperti kuota Youtube dan Instagram, kuota chat (WA, Line dan Telegram), dan kuota normal (bisa digunakan untuk apa saja). Nah, jika kuota normal dan kuota chat habis, Anda tidak bisa mengakses WhatsApp, termasuk mendownload dan memutar video.

3. Whatsapp sedang dalam perbaikan

Mengenai alasan terakhir, aplikasi whatsapp sedang menjalani pemeliharaan atau pemeliharaan sistem. Dengan demikian, beberapa tindakan dalam aplikasi tidak dapat dilakukan, termasuk pemutaran video. Bahkan saat maintenance sistem sedang berlangsung, biasanya aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka di smartphone, PC atau laptop.

Cara mengatasi WA tidak bisa memutar video

Cara mengatasi WA tidak bisa memutar video

Sampai sekarang, Anda sudah tahu apa yang menyebabkan WhatsApp tidak memutar video. Selanjutnya kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memutuskan WA tidak bisa memutar video. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Baca juga:   45 Kode Rahasia HP Oppo dan Fungsi Terlengkap 2022

1. Perbarui aplikasi whatsapp

Cara pertama untuk memperbaiki masalah di atas adalah dengan memperbarui aplikasi WhatsApp. Untuk pengguna Android: Harap perbarui aplikasi di Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna iPhone, update WhatsApp bisa dilakukan melalui App Store. Setelah menginstal WhatsApp versi terbaru, biasanya masalah di atas tidak lagi muncul.

2. Periksa koneksi internet Anda

Cara kedua adalah dengan mengecek koneksi internet, jika ternyata kuota sudah habis, maka segera isi kembali kuota tersebut. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, coba pilih “Lupakan jaringan” lalu sambungkan kembali dengan memasukkan kata sandi Wi-Fi Anda. Setelah itu silahkan buka video di WhatsApp, jika sedang diputar maka masalah ini sudah berhasil teratasi.

3. Hapus file cache

Cara ketiga, kamu juga bisa menghapus file cache di smartphone kamu melalui menu Setting. Perlu diketahui bahwa akumulasi file cache juga bisa menjadi penyebab bug di aplikasi WhatsApp. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah WA tidak bisa memutar video.

4. Nyalakan ulang ponsel cerdas Anda

Cara keempat adalah dengan me-restart smartphone. Cara ini dilakukan untuk memastikan perangkat kembali bekerja secara optimal setelah semua sistem di-restart.

5. Instal ulang Aplikasi WA

Jika semua metode di atas gagal untuk memperbaiki masalah, coba hapus instalan aplikasi WhatsApp dan instal ulang melalui Play Store. Sebelum melakukan ini, kami sarankan Anda mencadangkan seluruh riwayat obrolan, file, dll. di WhatsApp. Setelah mengikuti cara ini, biasanya masalah di atas akan teratasi.

KESIMPULAN

Demikian pembahasan dari Gadgetized.net tentang penyebab WA tidak bisa memutar video. Tidak hanya itu, di atas kami juga membagikan beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Kami berharap diskusi ini akan membantu Anda pengguna WhatsApp menghadapi masalah di atas.

Baca juga:   10 Harga Drone Hubsan Terbaik & Murah Semua Tipe 2022

sumber gambar:

  • maxmanroe.com
  • www.nickandconnirodriguez.blogspot.com