Lompat ke konten

YouTube Tidak Bisa Memutar Video? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Update-YouTube-Cara-Mengatasi-YouTube-Tidak-Bisa-Memutar-Video

Ada berbagai alasan mengapa YouTube tidak memutar video. Namun apapun alasannya, tentu yang terpenting adalah bagaimana cara mengatasinya.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas kedua penyebab tersebut yaitu penyebab dan cara mengatasi masalah youtube tidak bisa memutar video.

Saat ini, orang sangat suka menonton video di YouTube. Pasalnya, konten yang disediakan di YouTube sangat lengkap, mulai dari konten kecantikan, masakan, mukbang, berita, tips dan trik, film pendek, vlog harian, dan lainnya.

Namun, beberapa pengguna mengalami masalah saat menonton video YouTube. Salah satunya adalah video YouTube yang tidak bisa diputar.

Berkali-kali mereka mencoba memutar video tetapi terus memuat. Akibatnya, mereka bingung tentang penyebabnya.

Ketika masalah ini terjadi, tentu sangat mengganggu pengguna yang sibuk menonton video YouTube. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan cukup mudah!

Namun sebelum lanjut ke cara mengatasinya, kita akan bahas terlebih dahulu penyebab youtube tidak bisa memutar video.

Mengapa YouTube tidak dapat memutar video?

Berikut beberapa penyebab youtube tidak bisa memutar video di hp android yang harus anda ketahui.

Koneksi internet buruk

Alasan pertama mengapa video YouTube sering diunduh saat akan diputar adalah karena koneksi internet yang buruk.

Ini mungkin karena sinyalnya kurang stabil, jadi pas mau play video malah download. Kami menyarankan Anda menggunakan jaringan Wi-Fi jika Anda menggunakan data seluler yang lambat.

Memori HP penuh dan banyak cache

Saat memori internal penuh dan cache menumpuk, otomatis sistem di ponsel Anda tidak bisa bekerja maksimal.

Hp cepat panas, maka akan banyak aplikasi yang bermasalah termasuk youtube yang pada akhirnya akan berpengaruh pada streaming youtube.

Baca juga:   Heboh Video Wanita Berhijab Pamer Payudara di TikTok, Kini Minta Maaf

Aplikasi YouTube versi lama.

Alasan selanjutnya adalah aplikasi YouTube yang Anda gunakan ternyata merupakan versi lama. Untuk melakukannya, periksa apakah aplikasi YouTube Anda sudah yang terbaru.

Video Youtube diblokir

Penyebab YouTube tidak bisa memutar video di HP Android berikut ini karena video YouTube yang seharusnya diputar ternyata diblokir. Video tersebut mungkin berisi konten negatif, oleh karena itu telah diblokir.

BACA JUGA: Cara menonton YouTube di dekoder matriks tanpa dan dengan dongle WiFi

Cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video

Mengetahui beberapa alasan mengapa YouTube tidak dapat memutar video, Anda juga perlu mengetahui cara memperbaiki masalah tersebut. Silahkan simak kembali pembahasannya, teman-teman.

Perbarui aplikasi YouTube

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbarui aplikasi YouTube. Mungkin alasan YouTube tidak dapat memutar video adalah karena aplikasinya belum diperbarui.

Untuk memperbarui aplikasi YouTube, Anda hanya perlu membuka Google Play Store. Kemudian ketik YouTube di kotak pencarian.

Ketika muncul tulisan “Update”, maka segera update agar aplikasi terupdate ke versi terbaru. Tunggu beberapa detik hingga proses pembaruan aplikasi YouTube selesai.

Setelah itu, coba buka kembali YouTube dan putar video yang diinginkan. Jika berhasil, maka Anda tidak perlu melakukan cara berikut.

Hidupkan ulang HP

Restart ponsel sebenarnya memiliki berbagai manfaat, antara lain memperbarui sistem, memperbaiki aplikasi yang error, membersihkan RAM, dan lain-lain.

Jadi Anda juga bisa menggunakan cara ini saat YouTube tidak bisa memutar video. Cara me-restart handphone sangat mudah, anda hanya perlu menekan tombol power beberapa detik > klik mulai lagi.

Hidupkan ulang HP
Hidupkan ulang HP. (IST)

Proses reboot akan dimulai dan tunggu hingga selesai, setelah itu Anda dapat mencoba memutar video YouTube lagi.

Baca juga:   Cara Melihat Penyimpanan Laptop Windows 7 hingga Windows 10

Nonaktifkan dan aktifkan koneksi internet

Cara selanjutnya ini juga cukup ampuh untuk mengatasi youtube tidak bisa memutar video. Silakan matikan jaringan internet Anda, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali.

Tujuannya adalah agar ponsel Anda meningkatkan internet sehingga dapat menangkap sinyal yang lebih kuat.

Hapus aplikasi terbaru

YouTube mungkin tidak memutar video karena Anda membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Kemudian hapus semua aplikasi yang sedang berjalan.

Karena terlalu banyak membuka aplikasi juga bisa menambah beban pada RAM. Untuk menghapus aplikasi terbaru, tekan tombol aplikasi terbaru atau menu di layar HP > tekan tombol X membersihkan.

Hapus aplikasi terbaru

Setelah itu, Anda dapat mencoba memutar kembali video YouTube untuk melihat apakah cara ini berhasil.

Hapus data aplikasi YouTube

Cara mengatasi YouTube tidak bisa memutar video selanjutnya, Anda bisa menghapus data aplikasi YouTube di ponsel Anda.

Tetapi Anda harus menyadari bahwa dengan cara ini akun YouTube Anda akan keluar, dan semua data dan riwayat pencarian di YouTube akan hilang.

Jika Anda yakin ingin melakukannya, tekan dan tahan aplikasi YouTube di layar utama > klik Info aplikasi > klik Hapus data > pilih Hapus semua data > klik Bagus.

Cara menghapus data YouTube

Cara ini bisa anda gunakan jika semua cara diatas gagal mengatasi youtube yang tidak bisa memutar video.

BACA JUGA: Cara membuka youtube yang tidak bisa dibuka di hp android

Itu dia informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video di hp android. Mungkin bisa membantu!